4 Macam Bahaya Minum Teh Sehabis Makan Yang Jarang Diketahui

e-Seehat.com – Teh merupakan minuman nikmat yang banyak sekali orang menyukainya dan bisa menjadi minuman khusus di waktu pagi hari sesaat ingin berangkat kerja atau sekolah. Jadi teh bisa kamu konsumsi setiap harinya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Namun faktanya kalau minum teh sehabis makan, maka ada masalah tersendiri yang akan kamu rasakan nantinya. Memang bisa memberikan rasa segar tersendiri, apalagi kalau sehabis makan pecel ayam yang pedas di warung makan habis itu minum es teh manis, maka tubuh rasanya nikmat bener.

Banyak sekali orang di dunia ini yang gemar minum teh setelah makan, tapi kalau kamu masih sayang kepada kesehatan tubuhmu, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat konsumsi minum teh sehabis makan di bawah ini.

  1. Mengganggu sistem pencernaan

Konsumsi minum teh sehabis makan ternyata bisa merusak sistem pencernaan kita dan nantinya jika diteruskan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan usus kita. Lebih lanjut yaitu protein dan zat besi yang berada pada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita bisa sulit untuk diserap oleh usus. Adanya kandungan asam tanin dan polifenol yang berada pada teh di dalam usus itulah yang membuat penyerapan protein dan zat besi menjadi tidak terserap. Protein dan zat besi merupakan nutrisi yang penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Biasakan saja untuk minum air mineral sehabis makan dan berikan jangka waktu untuk dapat minum teh.

  1. Mengurangi kandungan zat antioksidan yang terkandung dari teh.

Memang terasa nikmat dan menyegarkan sih saat mengkonsumsi teh sehabis makan, namun ternyata bisa membuat kandungan antioksidan di dalam teh menjadi berkurang. Jadi sangat disayangkan jika kandungan antioksidan yang bagus yang terkandung di dalam teh tidak dapat diserap sempurna hanya karena minum teh sehabis makan. Antioksidan dalam teh bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan jantung dan bisa mencegah kanker. Sayang bukan? Kalau minum tehnya sehabis makan.

  1. Animea.

Kekurangan zat besi pada tubuh bisa menyebabkan diri seseorang terserang anemia. Jangan pernah menyepelekan penyakit anemia ini kawanku, sebab anemia bisa menyebabkan kerusakan otak, sakit jantung dan parahnya bisa menyebabkan kematian mendadak bagi diri seseorang. Jadi jangan sampai membiasakan diri mengkonsumsi teh sehabis makan.

  1. Menyebabkan dehidrasi tubuh.

Terasa nikmat dan segar sekali jika minum teh sehabis makan, namun ternyata dampak buruknya bahwa hal tersebut bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi karena kekurangan cairan. Hanya menghilangkan dahaga di waktu yang sesaat saja dan usahakan konsumsi saja minum air mineral sehabis makan yang memang dianjurkan untuk bisa membuat usus dapat menyerap nutrisi makanan dengan sangat baik.

Kesegaran teh sudah banyak sekali orang yang gemar karenanya, tapi konsumsi saja dalam waktu yang tepat. Cairan yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitasnya dengan baik adalah hal yang penting untuk dapat kamu perhatikan. Nantinya tubuh kamu bisa mengalami dehidrasi yang membuat otakmu kehilangan keseimbangan dalam berpikir. Jangan sepelekan minum teh setelah makan karena dampaknya bisa serius terhadap masalah kesehatan.

Jadi begitu saja artikel kesehatan dari saya kali ini seputar beberapa masalah kesehatan yang terjadi jika kamu suka mengkonsumsi teh sehabis makan, jadi saya sarankan untuk selalu meminum air mineral saja yang akan membuat tubuh kamu tetap terjaga cairannya dan terjaga kesehatannya.