5 Tips Mengatasi Mimisan Pada Anak

e-Seehat.com – Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada bagian hidung di mana darah bisa saja keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung. Mimisan sendiri biasanya terjadi dengan durasi waktu yang cukup singkat mulai dari hitungan detik hingga hitungan menit, mimisan merupakan kondisi yang sangat umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Mimisan juga tidak akan mengancam jiwa seseorang, meskipun demikian kondisi ini seringkali membuat khawatir, terlebih lagi jika dialami oleh anak – anak.

Perlu Anda ketahui bahwa mimisan bisa dialami oleh semua orang mulai dari anak kecil hingga lansia, meskipun demikian ada beberapa orang yang lebih beresiko untuk mengalami mimisan antara lain anak – anak yang usianya di bawah 10 tahun, ibu hamil, lansia, serta orang yang sering mengkonsumsi obat pengencer darah dan obat antikoagulan. Mimisan yang terjadi pada anak memang seringkali membuat para orang tua menjadi panik, namun Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini akan kami berikan beberapa tips mengatasi mimisan pada anak.

  1. Menenangkan Anak

Mimisan yang dialami oleh anak memang seringkali membuat orang tuanya merasa panik dan khawatir, namun alangkah baiknya jika Anda tetap bersikap tenang karena kepanikan hanya akan membuat keadaan bertambah buruk. Kepanikan orang tua juga akan bisa menular kepada anak sehingga membuat darahnya lebih banyak keluar, oleh karena itulah maka Anda harus menenangkan anak terlebih dahulu.

  1. Ambil Posisi Duduk

Jika anak Anda mengalami mimisan, maka cobalah menyuruhnya untuk duduk dengan posisi tegak dengan kepala yang agak condong ke depan sehingga sedikit menunduk. Hindarilah posisi tiduran sambil berbaring menghadap ke atas karena posisi tersebut justru akan membuat darah mimisan akan mengalir ke dalam tenggorokan dan akan bisa mengakibatkan tersedak atau tertelan.

  1. Tekan Hidung dan Bernafas Melalui Mulut

Tips selanjutnya yang juga bisa Anda ikuti untuk mengatasi mimisan pada anak adalah dengan menekan bagian hidungnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk serta menahannya tanpa jeda selama kurang lebih 5 menit. Selama proses tersebut, mintalah buah hati Anda untuk bernafas melalui mulut, Anda tidak boleh memasukkan tisu atau kapas ke dalam hidungnya.

  1. Kompres Dengan Air Es

Tips keempat yang juga bisa Anda ikuti untuk mengatasi mimisan yang terjadi pada anak adalah dengan mengkompresnya menggunakan air es, Anda bisa merendam kain bersih atau handuk ke dalam air es, kemudian peras dan tempelkanlah ke bagian pangkal hidung dan juga pipi selama kurang lebih 10 menit. Cara yang satu ini sangat efektif untuk mempersempit pembuluh darah sehingga akan menghentikan mimisan.

  1. Istirahat Sementara Waktu

Jika buah hati Anda mengalami mimisan, maka mintalah untuk beristirahat sementara waktu selama beberapa jam di dalam ruangan yang sejuk. Usahakanlah agar buah hati Anda beristirahat dengan posisi kepala yang ditegakkan, jika ingin beristirahat sambil berbaring maka usahakan agar posisi kepalanya lebih tinggi dari posisi jantung sehingga darah mimisan tidak keluar secara terus menerus.

Apabila buah hati Anda sering mengalami mimisan, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips yang ada di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.