6 Cara Mudah Mencegah penyakit Kanker Rahim

e-Seehat.com – Kanker rahim atau yang lebih kita kenal dengan Kanker Serviks merupakan jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi wanita. Pertumbukan sel kanker ini berjalan sangat cepat dan kita sendiri tidak bisa menduganya karena gejala penyakit kanker serviks hampir sama dengan penyakit lain. Pada umumnya, penderita kanker serviks akan mengalami beberapa gejala seperti pendarahan hebat diluar masa haid, siklus menstruasi yang abnormal, sering merasa nyeri pada bagian bawah perut hingga kram pada panggul dll.

Penyakit ini dapat disebabkan karena virus Human Papilloma Virus (HPV) yang terjadi pada organ intim wanita yang terjadi akibat hubungan seks bebas. Selain itu, adapun penyebab lain seperti ketidakseimbangan hormon pada tubuh terutama hormon estrogen. Jika kadar hormon estrogen didalam tubuh terlalu tinggi, maka resiko penyakit kanker serviks pun semakin besar. Nah, untuk mencegah penyakit kanker rahim? Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Rahim /Serviks

  1. Melakukan Tes Papsmera Secara Berkala

Untuk mendeteksi dan memastikan tubuh anda terbebas dari kanker serviks sebaiknya anda melakukan pengecekan secara berkala setidaknya setahun tiga kali. Upada ini dilakukan untuk mengetahui sedini mungkin apakah anda terkena kanker serviks atau tidak agar bisa dilakukan penanganan yang lebih cepat dan serius.

  1. Vaksin HPV

Pemberian vaksin HPV dipercaya dapat mencegah timbulnya infeksi. Untuk mendapatkan vaksin HPV, anda bisa meminta pada dokter spesialis dan juga menanyakan bagaimanca cara hidup sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

  1. Tidak Berganti-ganti Pasangan

Sama halnya dengan HIV, berganti-ganti pasangan beresiko terkena penyakit HIV dan begitupun Kanker Serviks. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan intim dengan orang yang menderita kanker serviks.

  1. Hindari Pacaran Yang Negatif

Pacaran negatif yang kami maksud adalah pacaran yang menyimpang ke hal-hal negatif seperti berhubungan seksual diluar nikah. Selain untuk mencegah kanker serviks, dalam hukum islam juga sebenarnya pacaran tidak dibenarkan karena cenderung mengedepankan kebutuhan syahwat.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Perlu anda ketahui bahwa perokok aktif memiliki resiko terkena kanker serviks sebanyak 30% lebih besar dibandingkan yang tidak merokok. Untuk itu, cobalah anda mengurangi kebiasaan tersebut, merokok dan minum-minuman beralkohol merupakan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan masa depan anda.

  1. Perbaiki Pola Makan dan Diet Seimbang

Hidup sehat dapat ditentukan dari jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mencukupi kebutuhan gizi, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C, E, Beta karoten dan asam folat. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari kanker serviks dan penyakit lainnya.

Dengan cara-cara diatas maka anda akan terhindar dari penyakit berbahaya semacam kanker serviks. Pola hidup merupakan penyebab terbesar seseorang terkena penyakit tersebut, untuk itu hindari hal-hal negatif yang mengacu pada tindakan seksual. Semoga info tentang cara mencegah penyakit kanker serviks ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua. Terimakasih.