7 Tips Ampuh Cara Mengatasi Mimisan Secara Cepat

e-Seehat.com – Mimisan merupakan perdarahan kecil yang keluar dari dalam hidung, hal ini disebabkan karena lepasnya mukosa yang terdapat pembuluh darah kecil. Mimisan atau epitaksin biasa terjadi baik di kalangan balita, anak – anak, remaja dan juga dewasa. Lantas bagaimana Cara Mengatasi Mimisan? Ada banyak cara yang ada disini, tinggal anda mengikuti saja mana yang sekiranya cocok untuk diterapkan.

Namun sebelumnya anda lebih baik tahu dahulu kenapa mimisan bisa terjadi, ada banyak faktor pemicu mimisan antara lain, alergi (bisa terjadi karena sensitive terhadap sesuatu), tumor ( khususnya yang terjadi pada area tumor rongga hidung), trauma ( seperti mengeluarkan ingus terlalu keras, mengorek hidung terlalu dalam), kelainan congenital (adanya kelainan khusus dan sering terjadi pada orang dengan Von Willenbrand disease), cuaca panas (akibatnya hidung mongering dan memicu terlepasnya lapisan mukosa darah hingga terjadi mimisan). Kini anda sudah mengetahui beberapa hal mendasar Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan dan saatnya untuk mengetahui lebih detail tentang penangananya berikut ini.

Cara Mengatasi Mimisan Secara Cepat

  1. Kompres hidung terlebih dahulu menggunakan kain yang didalamnya terdapat air es, ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokontriksi) agar terjadi pembekuan sehingga mimisannya bisa berhenti dengan sesegera mungkin.

  1. Caranya lainya yaitu dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang masih muda dan bersihkan terlebih dahulu, kemudian remas dan gulung – gulung daun sirih tersebut hingga berbentuk seperti corong, lalu sumbatkan langsung pada lubang hidung anda. Diamkan beberapa saat sampai nampak darah yang keluar dari hidung sudah berhenti. Hal ini sudah biasa dilakukan oleh masyarakat karena terbukti keampuhanya sampai saat ini.

  1. Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan selanjutnya yaitu pencet – pencet hidung dengan telunjuk dan ibu jari anda, kira – kira sampai 5 menit serta imbangi dengan tetap bernafas melalui hidung ataupun melalui mulut. Jika sudah berhenti maka teknik ini berhasil, namun bila mimisan masih mengalir pencet – pencet kembali dengan durasi agak lama yaitu sekitar 10 menit hingga perdarahan tersebut berhenti.

  1. Bersandarlah terlebih dahulu dengan posisi membungkuk ke depan. Dengan begitu hal ini mengurangi resiko perdarahan akan masuk ke bagian organ belakang dan masuk ke kerongkongan serta lambung yang bisa berakibat batuk atau muntah darah. Tunggu hingga perdarahan berhenti, jangan sesekali membaringkan diri karena secara logika darah akan bisa tertelan ke dalam saluran pencernaan dan dapat menimbulkan resiko infeksi.

  1. Cobalah untuk tetap tenang jika mimisan ini terjadi dan tiba – tiba anda mengeluarkan batuk atau muntah darah. Karena yang demikian merupakan gerak spontan dari saluran pernafasan atau saluran pencernaan untuk mendorong benda asing agar tidak masuk ke saluran tersebut yang bisa dapat memberikan efek bahaya entah itu bagi paru – paru maupun lambung anda.

  1. Jika anda sedang dalam perjalanan ke dokter atau klinik terdekat usahakan selalu dalam posisi membungkung baik itu ketika berjalan maupun ketika bersandar dan lebih baiknya tetap disumbat menggunakan sapu tangan atau kain kasa agar darah tidak terus mengalir.

  1. Apabila mimisan tidak terhenti sampai lebih dari 10 menit disertai panas dan perdarahan berkelanjutan, sebaiknya segera ke dokter atau klinik terdekat untuk penanganan lebih serius. Hal ini mungkin ada indikasi bahwa anda mengalami penyakit serius dan harus mengetahui sumber perdarahan tersebut.

Sekian dulu untuk Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan dan berharap bisa bermanfaat bagi anda para pembaca.