8 Cara Sehat dan Alami turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

e-Seehat.com – Memiliki berat badan lebih atau gemuk memang kandang terlihat lucu menggemaskan :D, tapi juga beresiko untuk kesehatan dan bisa mengundang penyakit apabila sudah tingkat obesitas. Banyak orang yang memiliki barat badan lebih merasa mudah capai, dan juga kesulitan melakukan aktivitas dan berusaha menurunkannya. Selain itu, dari segi penampilan juga akan terlihat kurang menarik kalau di bandingkan dengan orang yang tubuhnya proposional.

Kelebihan berat badan biasanya di sebabkan oleh lemak di tubuh. Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menurunkan berat badan adalah menguranginya dengan melakukan cara cepat menghilangkan lemak di tubuh pada informasi kesehatan ini. Dalam usaha menguruskan badan ini bukan cuma niat, melainkan juga usaha dan tekad untuk mewujudakannya.

  1. Langkah demi Langkah

Bahkan jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, adalah ide yang baik untuk melakukannya secara bertahap untuk mengurangi penurunan berat badan Anda. Jangan terlalu ketat atau terlalu ekstrim untuk menurunkan berat badan. Anda tetap membutuhkan kalori untuk kesehatan Anda.

  1. Meningkatkan kualitas sarapan

Menurunkan berat badan bukan berarti Anda tidak sarapan pagi. Sarapan tetap diperlukan untuk kesehatan dan memulai aktivitas. Berhati-hatilah saat memilih menu sarapan. Pilih sarapan dengan menu tinggi serat dan rendah gula. Hindari menu sarapan yang tinggi lemak dan juga bebas kolesterol.

  1. Makan lebih lambat

 Cobalah makan lebih lama dengan mengunyah.Makanan yang sudah lama dikunyah lebih mudah dicerna oleh tubuh dan Anda merasa kenyang.

  1. Minum banyak air

Jika tubuh tidak minum, fungsi ginjal memburuk dan dapat menyebabkan dehidrasi. Ini mengubah sistem metabolisme tubuh. Jika Anda rajin minum air putih hingga sekitar 1,5 liter atau sekitar 8-10 gelas sehari tanpa diet, berat badan Anda bisa turun hingga 2,5 kg dalam kurun waktu satu tahun.

  1. Olahraga

Diet alami tanpa obat juga harus didukung dengan banyak aktivitas fisik serta berolahraga untuk membakar kalori dalam tubuh, seperti jogging, cardio atau aerobik. Berolahragalah minimal 30 menit sehari. Selain menurunkan berat badan, kebiasaan berolahraga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain mencegah penyakit, memperbaiki mood, meningkatkan energi, dan memperbaiki kualitas tidur.

  1. Istirahat yang cukup

Tubuh membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup, terutama jika ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat dengan mudah membuat Anda lapar sehingga menyebabkan Anda makan berlebihan atau harus makan camilan.

  1. Hindari Minum Alkohol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum minuman beralkohol bisa berakibat seseorang mengalami kegemukan atau obesitas. Ini karena kandungan kalori minuman beralkohol cukup tinggi. Dengan tidak meminum minuman beralkohol, Anda tidak hanya terhindar dari obesitas, tetapi juga bisa mencegah terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan diantaranya tekanan darah tinggi, stroke, kerusakan hati, hingga penyakit jantung.

  1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi dapat bermanfaat untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh, membantu penurunan berat badan, menurunkan kolesterol jahat, membersihkan saluran pencernaan, melindungi tubuh dari berbagai penyakit usus besar, menghindari timbunan lemak pembuluh darah , kontrol gula darah, dan penyerapan glukosa lambat Makanan yang tinggi serat termasuk kacang-kacangan, buah alpukat, buah pisang, buah pepaya, sayuran brokoli, kubis, buah pir, jagung, serta beras merah.

Inilah tips untuk menurunkan berat badan yang sehat. Tak ada cara yang instan untuk turunkan berat badan. Lakukan ini secara bertahap, tentukan sendiri target berapa kilogram berat badan Anda yang turun selama sebulan.