8 Manfaat Lidah Buaya Yang Jarang Diketahui

e-Seehat.com – Daun lidah buaya mempunyai lebih dari 200 komponen aktif di dalamnya termasuk diantaranya adalah vitamin, mineral, asam amino, enzim, polisakarida serta asam lemak, tidak aneh lagi apabila tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam obat! Didalam daun lidah buaya sebagian besar diisi dgn zat seperti gel, yang 99% merupakan air. Manusia sudah memanfaatkan pengobatan dengan menggunakan lidah buaya sejak lebih dari 5000 th yang lalu. Manfaat lidah buaya untuk pengobatan amatlah banyak. Untuk itu berikut adalah 8 Manfaat Lidah Buaya yang paling utama yang perlu untuk diketahui:

  1. Lidah buaya Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Lidah buaya mengandung tidak sedikit vitamin termasuk juga A, C, E, asam folat, kolin, B1, B2, B3 (niasin), B6. Selain itu Lidah buaya merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang mengandung vitamin B12. Dari sekian banyak mineral yang ditemukan di tanaman lidah buaya adalah antara lain : kalsium, magnesium, seng, kromium, selenium, natrium, besi, kalium, tembaga, mangan.

  1. Lidah buaya didalamnya banyak terkandung Asam Amino dan Asam Lemak

Didalam lidah buaya ada sekitar 22 asam amino yang dapat digunakan bagi badan manusia dan 8 diantaranya sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Selain itu tanaman Lidah buaya ternyata juga mengandung beragam asam lemak di dalamnya. Di dalam tanaman Lidah buaya terdapat tiga sterol, yg merupakan asam lemak mutlak, yaitu HCL kolesterol (yg menurunkan lemak dalam darah), campesterol, & B-sitosterol. Ketiganya sangat berguna untuk mengurangi gejala alergi dan kendala asam pencernaan. Asam lemak lainnya yang juga terkandung didalam tanaman Lidah Buaya adalah linoleat, linolenat, miristat, kaprilat, oleat, palmitat, & stearat.

  1. Lidah buaya dapat melancarkan pencernaan yang buruk

Pencernaan yang buruk dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Maka salah satu kunci kesehatan adalah dengan memiliki saluran pencernaan yang dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu mengkonsumsi Lidah buaya sangat baik untuk melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan. Yang menarik dari manfaat lidah buaya adalah ternyata lidah buaya mengandung adaptogen yang dapat meringankan gejala sembelit atau diare, serta dapat mengatur siklus pencernaan manusia dengan normal. Selain itu di dalam Lidah buaya juga mengandung vermifuge, yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari cacingan.

  1. Lidah buaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Memang belum banyak penelitian yang dilakukan terhadap dampak lidah buaya kepada kesehatan jantung, tapi sudah ada sekian banyak penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya yg disuntikkan ke dalam darah bakal melipat-gandakan kekuatan aliran oksigen dan difusi sel darah merah. Menurut salah satu penelitian yang diterbitkan dalam edisi 2000 British Medical Journal, beta sitosterol dapat menolong menurunkan kolesterol yang bisa menunjang menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Lidah buaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

Polisakarida yang terkandung didalam lidah buaya dapat merangsang makrofag (sel-sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh) untuk melawan virus. Selain itu Lidah buaya dapat menjadi penambah kekebalan tubuh sebab didalam Lidah Buaya juga mengandung anti-oksidan tingkat tinggi, yg mempermudah memerangi senyawa tak stabil atau radikal bebas, anti-oksidan berkontribusi untuk memperlambat proses penuaan. Lidah buaya juga mengandung antipiretik yang berfungsi untuk mengurangi atau mencegah demam.

  1. Lidah buaya untuk kesehatan kulit

Lidah buaya banyak digunakan dalam industri kosmetik. Kandungan “vulnerary” dalam Lidah Buaya mampu untuk menyembuhkan luka dan sangat bagus untuk mengobati luka bakar, lecet, psoriasis dan bahkan luka karena gigitan serangga. Lidah buaya juga dikenal sebagai analgesik, yang dapat menolong mengurangi rasa sakit pada luka. Lidah buaya juga mengandung antipruritic : Yaitu sebuah zat yang dapat mengurangi atau mencegah gatal. Selain itu Lidah buaya juga mengandung zat yang dapat menyebabkan kontraksi pada jaringan badan, sehingga banyak dipakai untuk mengurangi pendarahan dari luka kecil. Dikarenakan Lidah buaya mengandung kadar air yg tinggi (lebih dari 99% air) sehingga sangat bagus untuk melembabkan & meremajakan kulit, karena Lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga mempercepat perbaikan kolagen dan elastin. Selain itu Lidah buaya juga mempunyai kandungan emolien yang berfungsi untuk melembutkan & menyegarkan kulit.

  1. Lidah buaya dapat digunakan sebagai Desinfektan, Anti-biotik, Anti-mikroba, Anti-bakteri, Anti-septik, Anti-jamur dan Anti-virus :

Belerang, lupeol, asam salisilat, asam sinamat, urea nitrogen & fenol merupakan bahan aktif yang terkandung didalam Lidah Buaya yang berfungsi sebagai zat untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit dan juga bertindak sebagai zat antimikroba, sehingga dapat mengobati berbagai infeksi internal maupun eksternal. Faktor ini pula yang mempermudah dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus.

  1. Lidah buaya untuk mengurangi peradangan

Lidah buaya mengandung 12 zat, termasuk juga B-sisterole, yang merupakan zat yang dapat meringankan, memperlambat atau menghambat peradangan. Salah satu manfaat lidah buaya yang utama adalah Lidah buaya dapat meredakan nyeri sendi karna kekakuan dan dapat meringankan serta meningkatkan fleksibilitas sendi.