Berbagai Manfaat Sayur Untuk Anak Yang Paling Penting

e-Seehat.com – Manfaat sayuran untuk anak-anak memang sangat banyak. Sayangnya banyak orangtua yang akhirnya menuruti keinginan anak yang tidak suka dengan sayur. Efeknya konsumsi sayuran untuk anak pun berkurang. padahal jika kita tahu apa saja manfaat besarnya maka anda akan lebih telaten mengajak si kecil agar gemar mengonsumsi sayuran. Banyak sekali manfaat sayuran bagi anak-anak. terlebih di masa pertumbuhannya sangat perlu mengonsumsi aneka makanan dengan kandungan gizi tinggi.

Sayuran memiliki kandungan gizi utama seperti vitamin A, C, E, serat, aneka mineral alami, dan berbagai jenis zat gizi lainnya. Banyak cara agar si kecil mau mengonsumsi sayuran. Misalnya dengan mengolah sayuran menjadi aneka jenis makanan dengan bentuk menarik. Bagi anda masih penasaran apa saja manfaat paling penting sayuran untuk anak-anak, berikut ini beberapa uraiannya yang bisa menambah informasi anda.

  1. Mendukung pembentukan sel baru

Jenis sayuran dengan warna cerah kaya akan pro-vitamin A yang bermanfaat membantu pembentukan sel baru dalam tubuh. selain itu proses pembangunan jaringan tubuh juga bisa didapatkan berkat mengonsumsi sayuran yang kaya vitamin C, E dan kalsium. Proses metabolisme tubuh yang baik berkat konsumsi sayuran sangat efektif untuk mendukung pembentukan sel baru.

  1. Mempertahankan kesehatan anak

Daya tahan tubuh anak-anak yang sering mengonsumsi sayuran lebih bagus. pasalnya kandungan vitamin C pada sayuran bermanfaat menambah kekebalan tubuh anak. Vitamin C berperan aktif dalam menyembuhkan luka. Selain itu dari segi jangka panjang, sayuran baik untuk menghindarkan resiko penyakit jantung, darah tinggi, dan kanker ketika dewasa.

  1. Mencegah gangguan pencernaan

Serat yang terkandung pada sayuran bermanfaat melancarkan proses pembuangan. Kekurangan serat akan membuat anak-anak mengalami sembelit dan memperbesar resiko tertimbunnya racun dalam tubuh. Jika kebutuhan serat terpenuhi maka proses pencernaan dan pembersihan usus lebih lancar. Anda bisa memilih jenis sayuran brokoli, kembang kol, wortel, jagung yang tinggi serat.

  1. Mengatur berat badan anak

Obesitas yang dialami oleh anak-anak sangat berbahaya bagi kesehatannya. Atur porsi makannya sedini mungkin agar berat badannya tetap ideal. Sayuran yang kaya serat bermanfaat mengurangi penumpukan lemak sehingga menurunkan resiko obesitas. Anda bisa memilih jenis sayuran seperti bayam, pare, kembang kol, buncis, dsb untuk mengatur berat badan anak.

  1. Meningkatkan gizi

Tidak hanya daging saja. sayuran juga mesti dikonsumsi untuk meningkatkan asupan gizi anak-anak. segala macam zat gizi mulai dari vitamin, mineral, hingga serat banyak terdapat pada sayuran. Resiko avitaminosis vitamin tertentu juga bisa diminimalisir berkat konsumsi sayuran. Berikan asupan sayuran pada anak secara cukup untuk memaksimalkan asupan gizi harian mereka.

Demikian beberapa manfaat sayuran yang bisa anda ketahui untuk anak-anak. Berikan asupan sayuran secara cukup dan selalu biasakan anak agar senang mengonsumsi makanan kaya gizi tersebut. Semoga bermanfaat.