Cara Mengatasi Anak Yang Hiperaktif Dengan Mudah

e-Seehat.com – Anak yang hiperaktif adalah akibat dari gangguan yang terjadi pada otak. Gangguan hiperaktif pada anak kadang tidak terdeteksi sejak dini karena tanda-tandanya tidak terlalu terlihat apalagi pada saat usia batita. Hiperaktif ini akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia serta diagnosa yang dilakukan. Fleksibilitas dan sensibilitas harus dimiliki sebagai karakter utama dalam menangani anak hiperaktif.

Orang tua yang memiliki anak hiperaktif harus mempunyai empati yang tinggi, sikap keluwesan, dan dapat menyesuaikan diri dengan masalah yang dihadapi oleh anak hiperaktif. Sebagai orang tua dari anak hiperaktif anda harus pula menunjukkan sikap menghargai anak. Sikap menghargai ini dapat ditunjukkan dengan cara berbicara dengan lembut pada anak dengan menggunakan bahasa yang positif tetapi anda tetap tegas terhadap sifat anak yang tidak baik sehingga dia bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi anak hiperaktif.

Cara Mengatasi Anak Yang Hiperaktif Dengan Mudah

  1. Membantu Anak Menenangkan Diri

Pada saat anak hiperaktif sedang mengalami masalah anda tidak harus bergantung pada obat-obatan untuk membuatnya menjadi lebih tenang. Ajak anak untuk mengatur nafas pada saat anak merasa marah maupun frustasi. Lakukan berulang-ulang hingga anak menjadi lebih tenang dengan anda tetap memberikan contoh untuk diikuti oleh anak.

  1. Menghilangkan Stres Pada Anak Hiperaktif

Pada saat anak sedang mengalami stress ataupun marah anda bisa mengajak anak anda untuk berendam dalam air hangat agar dia menjadi lebih rileks. Selain mandi air hangat anda juga bisa mengajaknya mandi busa dan menambahkan beberapa mainan di tempat mandinya agar dapat membuatnya melupakan kemarahannya dan dapat mengalihkan perhatiannya. Namun jangan terlalu banyak menaruh mainan karena dapat memicu stress yang muncul kembali.

  1. Memberikan Stimulasi Fisik Pada Anak Hiperaktif

Memberikan stimulasi fisik secara rutin pada anak hiperaktif sangat baik dan tentunya agar anak mengetahui bahwa anda mencintainya. Lakukan pijatan lembut yang dapat memberikan efek menenangkan baginya. Selain pijatan berikan sentuhan hangat padanya, hal ini bisa anda lakukan pada saat membangunkannya ataupun mengantarnya tidur pada malam hari.

  1. Mengatur Ruangan Senyaman Mungkin

Anak hiperaktif membutuhkan suasana ruangan yang nyaman baginya. Untuk menciptakan sebuah ruangan yang aman anda bisa memilih warna cat dan dekorasi yang memberikan kesan menenangkan dan juga pencahayaan yang redup. Selain itu seringlah menyetel musik-musik relaksasi untuk membuatnya menjadi lebih tenang. Menaruh peralatan yang membuat anak tenang disekitarnya juga dapat membantu seperti permainan teka-teki, buku favorit, ataupun alat untuk melukis.

  1. Melakukan Aktifitas Rutin Setiap Hari

Atur jadwal anak hiperaktif untuk melakukan aktifitas rutin setiap harinya. Hal ini akan membuat anak hiperaktif menjadi apa yang diharapkannya dan anda juga bisa tahu apa yang menjadi harapan anak hiperaktif. Sebelumnya persiapkan anak untuk menjelaskan apa yang akan terjadi apabila anda mengajaknya melakukan aktivitas yang tidak biasa.

Demikian itu adalah cara mudah dalam mengatasi anak hiperaktif. Kesabaran dan tenaga ekstra harus anda siapkan untuk menghadapinya.