Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Lambat Bicara

e-Seehat.com – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa terlambat bicara merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada anak, hal ini seringkali membuat orang tua mengeluhkan masalah mengenai anaknya tersebut. Setiap orang tua tentu saja akan merasa khawatir jika buah hatinya terlambat bicara, seorang anak digolongkan mengalami masalah ini jika usia anak sudah mencapai 2 atau 3 tahun tetapi masih juga belum bisa berbicara dengan lancar ataupun hanya bisa mengucapkan beberapa kata saja.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya seorang anak yang mengalami masalah terlambat untuk berbicara pada dasarnya memiliki perkembangan intelegensi yang normal seperti anak yang lainnya. Masalah lambat bicara sendiri biasanya dialami oleh 5 hingga 10 persen anak – anak usia prasekolah dan lebih sering dialami oleh anak laki – laki dibandingkan anak perempuan. Masalah lambat bicara bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari minimnya komunikasi hingga faktor keturunan, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara mudah mengatasi anak yang lambat bicara.

  1. Ajak Anak Berkomunikasi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang terlambat bicara adalah dengan mengajaknya berkomunikasi, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk merangsangnya agar terbiasa untuk berkomunikasi secara lisan. Mengajak anak berkomunikasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin, bahkan semenjak anak baru lahir sehingga anak akan terbiasa untuk berkomunikasi.

  1. Belajar Sambil Bermain

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa bermain merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengajak sang anak dalam berinteraksi, Anda bisa bermain sekaligus memberikan pelajaran kepada anak dengan tujuan agar anak menjadi lebih tanggap terhadap apa yang Anda ucapkan. Anda bisa menggunakan berbagai macam media mulai dari radio, televisi, dan komputer.

  1. Ajukan Pertanyaan Lebih Banyak

Apabila buah hati Anda sudah mulai mampu memberikan respon, maka Anda tidak boleh ragu untuk menanggapi responnya tersebut. Anda bahkan sangat dianjurkan untuk mempertegas apa yang direspon oleh si kecil dengan mengajukan pertanyaan yang lebih banyak, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan agar anak bisa berlatih untuk berkomunikasi.

  1. Ajak Anak Bersosialisasi

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa anak menjadi terlambat bicara, salah satunya adalah karena takut dan juga malu jika harus bertemu dengan seseorang yang masih baru dan belum dikenalnya. Oleh karena itulah maka Anda sebagai orang tuanya harus mengajak sang buah hati agar mau bersosialisasi di luar rumah dan mengenalkannya dengan orang lain.

  1. Melakukan Terapi

Apabila buah hati Anda sudah menginjak usia 3 tahun tetapi masih belum bisa juga berbicara dengan jelas atau masih terbata – bata, maka alangkah baiknya apabila Anda segera melakukan terapi. Apabila seorang anak yang terlambat bicara tidak segera mendapatkan terapi pada usia 4 tahun, maka hal ini akan meningkatkan resiko anak untuk menjadi stres dan sering mengalami tantrum.

Apabila buah hati Anda mengalami masalah terlambat bicara, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.