Cara Tradisional Untuk Mengatasi Anak Mencret

e-Seehat.com – Mencret atau diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat umum dan hampir dialami oleh setiap orang. Perlu Anda ketahui bahwa diare sebenarnya merupakan salah satu bentuk respon tubuh untuk melawan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti misalnya bakteri, virus, ataupun senyawa berbahaya lainnya. Diare pada umumnya akan bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan sistem kekebalan tubuh yang membaik, namun tentu saja masalah diare harus Anda tangani dengan cepat.

Perlu Anda ketahui bahwa diare yang tidak segera ditangani akan bisa menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan yang jika dibiarkan terus menerus akan bisa membahayakan nyawa. Seorang anak yang mengalami diare akan mengalami gejala perutnya terasa sakit, sering buang air besar, serta kotoran atau fesesnya yang lembek atau cair. Hal tersebut tentu saja membuat sang anak menjadi tidak nyaman dan rewel sehingga membuat para orang tua menjadi kebingungan, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara tradisional mengatasi diare pada anak.

  1. Jambu Biji

Jambu biji memang telah lama dikenal sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi diare atau mencret, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan tannin yang mana akan berperan penting untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan juga virus yang ada di dalam saluran pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin untuk mengatasi diare pada anak.

  1. Teh Pahit Yang Kental

Teh pahit yang kental ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi diare pada anak, teh pahit yang kental juga memiliki kandungan tannin yang tinggi sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan diare pada anak. Anda bisa menyeduh teh dengan menggunakan sedikit air panas agar kental, kemudian meminumkannya pada anak satu atau dua kali sehari.

  1. Sup Wortel

Obat tradisional selanjutnya yang juga efektif untuk mengobati diare pada anak adalah sup wortel, jenis masakan yang satu ini sangatlah sehat dan diyakini memiliki efek antidyspeptic. Selain itu sup wortel ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak – anak sehingga akan mengembalikan nutrisi di tubuh mereka yang hilang, sup wortel ini harus dikonsumsi secara rutin hingga diare sembuh.

  1. Salak

Salak merupakan obat tradisional keempat yang juga sangat efektif untuk menyembuhkan diare pada anak, jenis buah yang satu ini tentunya bisa Anda temukan dengan mudah mulai dari pedagang buah kaki lima hingga supermarket modern. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata buah salak memiliki kandungan senyawa polifenol dalam bentuk tannin yang akan menyembuhkan diare.

  1. Pisang

Selain salak, buah pisang ternyata juga bisa Anda gunakan sebagai obat tradisional untuk membantu menyembuhkan diare pada anak. Jenis buah yang sangat populer di Indonesia ini ternyata memiliki kandungan pektin yang mana akan membuat kotoran atau feses menjadi lebih keras, hal ini tentu akan sangat penting dalam membantu proses penyembuhan diare pada anak.

Jika buah hati Anda sedang mengalami mencret atau diare, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara tradisional yang ada di atas. Semoga bermanfaat.