Ciri – Ciri Penyakit Flek Paru – Paru dan Cara Mengatasinya

e-Seehat.com – Flek paru – paru merupakan suatu jenis penyakit yang memiliki nama lain tuberkulosis atau TBC, jenis penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri Myobacterium tuberculosis yang mana akan mengakibatkan infeksi di paru – paru. Flek paru – paru sendiri merupakan salah satu penyakit yang bersifat menular dan harus segera mendapat penanganan medis karena jika penyakit yang satu ini dibiarkan maka akan bisa menyerang organ tubuh yang lain dan bahkan bisa mengancam nyawa seseorang.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit flek paru – paru ini menular pada saat penderita batuk di mana batuk tersebut akan mengeluarkan titik – titik kecil air liur yang mengandung bakteri yang kemudian bisa terhirup oleh siapa saja mulai dari laki – laki maupun perempuan dari anak – anak hingga orang dewasa, terutama bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. Flek paru – paru merupakan penyakit berbahaya sehingga Anda harus mengetahui ciri – ciri dan juga cara untuk mengatasinya seperti yang akan diulas berikut ini.

Ciri – Ciri Penyakit Flek Pada Paru – Paru

  1. Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan salah satu gejala utama yang dialami oleh seseorang yang menderita flek paru – paru, biasanya batuk ini diakibatkan karena terjadinya iritasi pada bronkus yakni percabangan yang ada pada organ paru – paru. Batuk yang dialami oleh para penderita flek paru – paru biasanya merupakan batuk berdahak dengan dahak yang berwarna hijau atau kekuningan.

  1. Batuk Berlangsung Lama

Para penderita flek paru – paru pada umumnya mengalami batuk yang berlangsung dengan waktu yang lama yakni lebih dari dua minggu. Batuk yang menjadi gejala dari penyakit flek paru – paru juga tidak bisa sembuh dengan obat batuk biasa karena obat tersebut tidak mampu membunuh sumber penyakitnya yakni bakteri penyebab tuberculosis sehingga harus ditangani oleh dokter.

  1. Malaise

Malaise merupakan ciri ketiga yang juga sering dialami oleh para penderita flek paru – paru, perlu Anda ketahui bahwa malaise adalah istilah medis yang menggambarkan ketidaknyamanan yang dialami oleh seseorang. Biasanya malaise ditandai dengan perasaan yang tidak bersemangat, merasa sakit, dan tidak fit, selain itu para penderita flek paru – paru juga mudah merasa lelah.

Cara Mengatasi Flek Paru – Paru

  1. Konsumsi Obat Anti Tuberculosis

Penyakit flek paru – paru diakibatkan oleh infeksi bakteri Myobacterium tuberculosis, oleh karena itu cara mengobatinya adalah dengan menggunakan obat – obatan antibiotik dan obat TBC lainnya. Pada umumnya pengobatan intensif terhadap penyakit flek paru – paru berlangsung selama 2 bulan, kemudian dilakukan pengobatan lanjutan yang memakan waktu sekitar 4 bulan.

  1. Menjaga Stamina

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara untuk mengobati flek paru – paru adalah dengan menjaga stamina, hal ini sangatlah penting untuk Anda lakukan. Tubuh yang lemah akan menjadi lebih mudah untuk terserang berbagai macam penyakit, termasuk flek paru – paru. Oleh karena itulah maka Anda harus mendapatkan asupan gizi yang baik serta memiliki waktu istirahat yang cukup.

Flek paru – paru tergolong sebagai penyakit yang berbahaya dan mudah menular, oleh karena itu Anda harus mengetahui ciri – ciri dan cara mengatasinya.