Penyebab Sakit Leher Dan Cara Mengobatinya

e-Seehat.com – Sakit leher atau nyeri pada leher merupakan keluhan yang cukup umum di masyarakat. Sakit leher biasanya disebabkan oleh aktivitas yang tidak tepat. Misalnya, bermain komputer dalam waktu lama, tidur dengan postur yang salah, atau duduk dengan postur yang salah, stress, tetapi yang sering dialami yaitu posisi tidurnya sering salah atau kurang pas.

Ketika kita tidur, kita tidak tahu bahwa kita sedang mengubah posisi saat tidur, terkadang leher kita miring ke satu sisi, yang membuat otot leher kaku dan tidak bisa ditekuk. Oleh karena itu, ketika kita bangun, leher mulai terasa sakit, dan dalam beberapa kasus bahkan terjadabg sulit untuk bergerak.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyembuhkan sakit leher ini, salah satunya adalah pijatan lembut pada leher yang sakit.

Tujuan dari pijatan ini adalah untuk mengendurkan otot leher yang sakit dan membuatnya lentur kembali.

Cara Mengobati Sakit Leher

Untuk lebih jelasnya, silakan baca pembahasan singkat berikut tentang cara mengobati sakit leher.

  1. Pijat ringan

Cara pertama untuk meredakan nyeri leher adalah dengan memijat lembut bagian leher yang pegal atau yang terasa sakit. Pijatan ini membantu mengendurkan otot-otot yang kejang di leher dan meningkatkan aliran darah sehingga leher bisa kembali normal jika terjadi masalah.

Gunakan minyak untuk memijat di area leher agar saat memijat kulit tidak terasa sakit. Dengann menggunakan minyak untuk mengurangi gesekan antara tangan dengan kulit, sehingga lebih nyaman saat dipijat dengan menggunakan bantuan minyak. Anda bisa menggunakan minyak urut atau minyak gosok untuk memijat di area leher.

  1. Kompres Dingin dan Hangat

Cara menyembuhkan nyeri leher yang kedua yaitu dengan mengkompres leher secara bergantian dengan air hangat dan dingin. Berikut cara yang dilakukan: pertama-tama masukkan es di dalam plastik kemudian isi sedikit air lalu letakkan kompresannya pada leher yang terasa sakit, selanjutnya bisa diganti dengan kompresan hangat.

Mengompres dengan air dingin yaitu bertujuan untuk menghambat pembentukan asam laktat dan juga menurunkan rasa sakit. Sedangkan mengompres air hangat bertujuan untuk melemaskan otot leher yang tegang.

  1. Streching

Cara mengobati sakit leher selanjutnya yaitu dengan Streching. Peregangan atau streching dapat membantu mengembalikan kelenturan otot pada leher, sehingga rasa nyeri dapat berkurang. Lakukan Streching secara perlahan agar terhindar dari resiko cedera.

Selain dapat menyembuhkan sakit leher peregangan juga bisa anda lakukan saat akan memulai aktifitas agar menghindari risiko sakit pada bagian tubuh tertentu.

  1. Gerakan Terapetik

Cara terakhir untuk mengobati sakit leher adalah dengan melakukan gerakan terapetik. Kolaborasikan gerakan terapetik dengan pemanasan atau Streching agar semakin baik. Pada dasarnya jika melakukan gerakan streching dilanjutkan dengan gerakan terapetik. Berikut Bagaimana Cara melakukan gerakan terapetik:

Gerakkan kepala ke atas dan ke bawah, lalu lanjutkan gerakkan dagu ke atas (yaitu, ke arah langit), lalu gerakkan lagi ke bawah, lalu sandarkan dagu ke dinding dada. Lakukan ini berkali-kali.

Turunkan kepala Anda dan putar kepala Anda ke kiri dan ke kanan. Tindakan ini untuk mencegah otot leher rileks. Setelah itu, angkat kepala dan gerakkan ke kiri dan kanan untuk meregangkan otot-otot depan.

Tindakan terakhir adalah memutar kepala dari kanan ke kiri, dan sebaliknya. Lakukan gerakan-gerakan ini secara perlahan, yang akan mengurangi nyeri leher.

Demikian penjelasan singkat tentang penyebab nyeri leher dan cara mengobatinya yang dapat kami informasikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk semua orang.