Tips Mengatasi Anak Yang Suka Ngompol Dengan Mudah

e-Seehat.com – Mengompol pada anak-anak adalah hal yang kerap terjadi. Secara medis kebiasaan ini disebut dengan istilah Nocturnal Enuresis. Biasanya mengompol terjadi pada anak-anak dan kalangan lanjut usia. Memang masih dianggap wajar jika mengompol terjadi pada anak-anak yang belum selesai tahap toilet trainingnya. Pasalnya proses menahan buang air kecil masih belum sempurna. Hal ini juga disebabkan karena perkembangan otot dan kandung kemih si kecil belum sempurna sehingga menyebabkannya sering mengompol.

Tips Mengatasi Anak Yang Suka Ngompol

Namun jika anak-anak sudah selesai tahap toilet training dan masih kerap mengompol, maka perlu beberapa cara untuk mengantisipasinya. cara tersebut sangat bermanfaat agar si kecil mampu mengontrol dan terbiasa buang air kecil di tempatnya. Memang memerlukan kesabaran tersendiri sebagai orangtua dalam mengatasi kebiasaan mengompol tersebut. berikut ini beberapa cara selengkapnya untuk mengatasi anak yang suka mengompol.

  1. Terapi motivasi

Terapi motivasi bertujuan agar anak tidak mengompol dengan cara membesarkan hatinya. Anda bisa memberikan hadiah kepada anak agar minatnya buang air kecil di tempat yang semestinya lebih besar. janjikan hadiah tertentu jika anda sudah melewati beberapa fase perubahan. Cara satu ini cocok dilakukan jika anak susah mengontrol keinginannya untuk buang air kecil sembarangan.

  1. Terapi perilaku

Selanjutnya dengan terapi perilaku dimana anda bisa mengeluarkan alarm jika anak sudah mulai mengompol. Alat tersebut berupa alarm yang diletakan dekat kelamin anak. jika kelembapan terjadi maka alarm akan bekerja dan membuat anak terbangun serta melanjutkan buang air kecil di kamar mandi. Terapi satu ini akan membuat anak terbiasa secara lebih cepat.

  1. Toilet training

Mulai melatih anak agar terbiasa pergi ke kamar mandi sendirian. Selain itu latih anak mandiri melepaskan dan mengenakan pakaiannya sendiri. cara satu ini sangat efektif untuk membantu mereka terbiasa mandiri untuk urusan toilet. Hal ini perlu diajarkan secara sabar agar hasilnya lebih optimal.

  1. Batasi minum

Cobalah batasi asupan cairan anak maksimal dua jam sebelum tidur. jika anak sebelum tidur banyak mengonsumsi cairan maka akan menyebabkan kantong kemihnya penuh. Hal ini membuat potensi untuk mengompolnya lebih besar. batasi minum anak secara teratur untuk menciptakan kebiasaan tidak mengompol secara lebih efektif.

  1. Jangan marah

Memang kebiasaan mengompol perlu dihilangkan karena tergolong buruk. Namun jangan sampai marah pada anak karena akan membuat anak-anak merasa stress dan jengkel. Selain itu kondisi anak yang stress dan jengkel ini akan semakin menyulitkannya untuk berhenti mengompol. Nasehati anak dengan baik dan dukung secara penuh sampai kebiasaan mengompolnya berkurang dan berhenti total.

Nah itu dia beberapa cara mudah mengatasi anak yang suka mengompol. Semoga membantu dan semoga bermanfaat.