Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan

e-Seehat.com – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa masa anak – anak merupakan masa yang sangat penting karena pada saat itulah fisik dan juga jiwa anak sedang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Oleh karena itulah maka anak – anak haruslah mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup dengan tujuan agar sang anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tentu saja sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua untuk menyediakan makanan dengan asupan gizi yang baik bagi semua anak – anaknya.

Meskipun orang tua telah menyediakan makanan yang bergizi, namun terkadang sang anak justru tidak mau memakannya. Anak yang susah makan tentu saja akan membuat orang tuanya khawatir, jika seorang anak tidak mau makan maka tentu saja tubuhnya akan kekurangan asupan gizi sehingga akan bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Sebenarnya anak yang kehilangan nafsu makan adalah hal yang biasa, namun hal ini seringkali membuat orang tua merasa frustasi, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa tips untuk mengatasi anak yang susah makan.

  1. Cobalah Untuk Tetap Sabar

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa anak yang tidak mau makan atau sering memilih makanan akan membuat orang tuanya menjadi kesal, meskipun demikian cobalah untuk tetap sabar dan tidak memaksanya untuk menyantap makanan yang tidak disukainya. Perlu Anda ketahui jika Anda memaksanya, maka hal tersebut malah justru akan memberikan dampak yang lebih buruk.

  1. Catat Makanan Yang Disantapnya Setiap Hari

Tips kedua yang juga bisa Anda ikuti untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mencatat makanan apa saja yang disantapnya setiap hari, termasuk camilannya. Proses yang satu ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian, namun hal ini sangatlah penting agar Anda memperoleh data mengenai jenis makanan apa saja yang disukai oleh anak.

  1. Sediakan Camilan Tinggi Kalori

Sebagai orang tua yang baik maka Anda harus selalu memastikan bahwa buah hati Anda tetap memperoleh asupan energi untuk aktivitasnya sepanjang hari meskipun mereka tidak mau menyantap makanan utama. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menyediakan camilan tinggi kalori yang disukainya antara lain keju, selai kacang, buah, dan berbagai jenis makanan lainnya.

  1. Buat Menu Yang Berbeda Setiap Hari

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab mengapa anak susah makan adalah karena mereka merasa bosan dengan jenis makanan yang selalu disantapnya setiap hari. Oleh karena itulah maka Anda harus membuat menu yang berbeda setiap harinya, hal ini sangatlah penting untuk Anda lakukan karena bertujuan agar buah hati Anda tidak bosan untuk menyantap makanan yang sama setiap harinya.

  1. Tidak Menyuruhnya Makan

Anak – anak seringkali melakukan berbagai hal yang justru berkebalikan dengan apa yang disuruh oleh orang tuanya, hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai taktik dengan melarangnya makan atau tidak menyuruhnya makan sama sekali. Jika Anda tidak menyuruhnya makan, maka sang anak akan merasa lapar dengan sendirinya dan justru akan meminta makan sendiri tanpa paksaan dari orang tuanya.

Apabila anak Anda sering susah untuk makan, maka Anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips yang telah diulas di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.